Posted by : Unknown Jumat, 17 Januari 2014

sebelum kita belajar menggambar, ada baiknya jika mengenal dulu perlengkapan dan teknik dalam menggambar, tidak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu. karena saya yakin ini akan sangat membantu kita semua untuk belajar menggambar. yuk kita mul

1. KERTAS
Sebenarnya banyak sekali pilihan atau jenis kertas yang ada dan disediakan di toko toko buku, hanya saja kita terkadang bingung, harus menggunakan yang mana? namanya apa? ukurannya berapa? disini kita akan membahas mengenai jenis dan sebutan kertas gambar menurut ukurannya. 

UKURAN KERTAS :
panjang A0  = 2x lebar A1
panjang A1  = 2x lebar A2
panjang A2  = 2x lebar A3
panjang A3  = 2x lebar A4
panjang A4  = 2x lebar A5
panjang A5  = 2x lebar A6
panjang A6  = 2x lebar A7
panjang A7  = 2x lebar A8
atau
lebar A2  = panjang A3
lebar A3  = panjang A4
lebar A4  = panjang A5
dan seterusnya


Ada pun contoh dari kertas gambar siap pakai yang biasany disediakan di toko toko buku : drawing book dan skets book. dimana drawing book biasanya berisi sekitar 10 lembar sedangkan skets book lebih dari 10 lembar.

2. PENSIL
pensil merupakan alat gambar manual, ini benar benar sangat vital, karena memang hampir kebanyakan menggambar menggunakan pensil. pensil dapat dibagi menjai pensil mekanik, pensil arang dan pensil kayu. kebanyakan yang digunakan adalah pensil kayu, dan pensil mekanik di gunakan untuk mempertegas garis. karena pensil mekanik memiliki ujung yang runcing
nah sekarang kita akan fokus dengan pensil kayu. pensil kayu di bagi dalam beberapa jenis dan biasanya di bedakan dengan kode kode tertentu. pensil kayu memiliki ketebalan - kelunakan yang berbeda beda sesuai kodenya. dibawah ibi adalah klasifikasinya :

3. TEKNIK DASAR ARSIRAN
Setelah belajar mengenai jenis pensil, kita akan beranjak menuju arsiran sekaligus tekniknya, yuk kita lihat beberapa teknik arsiran dasar 
-ARSIRAN DASAR (GRADASI) dengan pendil warna
contoh arsiran gradasi sejajar dengan beberapa pensil warna

-ARSIRAN DASAR (GRADASI) dengan pensil hitam
keterangan :
1.  arsiran garis sejajar
2.  arsiran gradasi (luar) melingkar
3.  arsiran gradasi sejajar horizontal
4.  arsiran gradasi sejajar melingkar
5.  arsiran gradasi (dalam) melingkar
6.  arsiran gradasi sejajar vertikal
7.  arsiran gradasi silang
8.  arsiran gradasi lengkung
9.  arsiran gradasi (luar) sejajar



4. MEDIA BANTU
-Pisau cutter dan serutan
pisau cutter berfungsi untuk memotong, biasanya mudah di dapatkan di toko toko, selain memotong pisau cutter juga dapat di gunakan menajamkan pensil. namun kita harus berhati hati ketika menggunakan alat ini, karena alat ini merupakan benda tajam. Ada baiknya jika anda ingin menajamkan pensil, menggunakan serutan, lebih mudah dan tentunya praktis. kualitas bermacam maca, serta ukuran juga bermacam macam, tinggal kita tentukan sendiri.









-Penghapus
fungsi utama dari penghapus ya jelas untuk menghapus. Menghapus pensil tentunya, dimana penghapus yang baik adalah penghapus yang cukup kenyal, empuk, bersih, dan sedikit lengket pada kerta. masalah kualitas penghapus sih banyak yang bisa anda temukan di toko toko buku atau alat tulis.
-Papan Alas
papan alas tak kalah penting untuk proses menggambar. papan alas dapat di gunakan untuk pengganti meja ketika kita sedang menggambar di luar, dimana meja tidak mungkin kita temukan. ini alternatif yang cukup baik. untuk memilih papan alas, pastikan memilih yang kuat, tapi ringan, permukaannya rata dan datar, serta bersih. untuk masalah ukuran dapat anda sesuaikan menurut kebutuhan.
-Scanner (Pemmindai gambar)
ini termasuk barang elektronik. biasanya digunakan untuk memindah gambar manual menjadi bentuk igital atau file di komputer. Dengan demikian kita bisa menyimpan softcopy-nya. barang ini cukup mahal dan tak selalu dibutuhkan. namun kita juga bisa menjumpai jasa untuk scanner ini di toko toko komputer atau toko yang memberi jasa ini.




anda suka dengan posting ini? silahkan tinggalkan komentar dan saran, karena itu sangat baik bagi kami.
please like

PERINGATAN :
gambar-gambar dan content yang ada di blog ini memiliki hak cipta, jika anda ingin mengopy dalam blog atau dimanapun, kami berharap Anda menyertakan link sumber. terimakasih 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

my ART my life my ART my life

PULSA GRATIS? 100% AMAN. DAFTAR DISINI

ONline GAME Strategy free

play game for fun play game for fun

Copyright © MY ART MY LIFE -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan